PENGEMBANGAN DIRI

Di sekolahku SMP NEGERI 3 SDA telah membuat program pengembangan diri yang dilaksanakan setiap hari Jum'at. Adapun beberapa macam pengembangan diri, yakni : kerohanian, senam, bimbingan konseling (BK), dan kebersihan. Di mana pihak sekolah telah mengatur jadwal sedemikian rupa sehingga seluruh kelas VII, VIII, IX dapat melaksanakan dengan baik dan teratur. Pada kali ini saya akan menjelaskan/menjabarkan pengembangan diri, terdiri dari :

Kerohanian
Di mana bagi kelas yang telah mendapat giliran kerohanian diwajibkan mengikuti kegiatan ini di mushola atas dekat kantin beserta membawa kartu biru yang nanti setelah selesai dikumpulkan untuk ditandatangani dan diberi stempel oleh pembina agama. Kegiatan tersebut meliputi : shalat dhuha, membaca surat-surat (yasin), dan pemberian ceramah atau pengarahan oleh guru pembina. Kegiatan ini sangat memberikan manfaat dan mempererat persaudaraan antara warga SMP NEGERI 3 SDA.

Senam / kebugaran
Kegiatan ini dilakukan di lapangan sekolah. Bagi seluruh siswa/kelas yang mendapat giliran diwajibkan mengenakan baju olah raga sesuai dengan kelas masing-masing. Kemudian diiringi kaset berirama aerobic dan dipimpin oleh pak Jarot diikuti dengan guru-guru pembina lain. Kegiatan ini berlangsung selama lebih kurang 45 menit. Dan di akhir kegiatan wajib absen pada ketua kelas masing-masing.



Bimbingan Konseling (BK)
Lain halnya dengan kerohanian dan senam, BK dilangsungkan di masing-masing kelas. Dan dibimbing oleh 1 guru BK. Kegiatannya, yakni membahas bab-bab/tema di buku BK yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa. Setelah dibahas, biasanya masing-masing siswa diharapkan memberikan kesimpulan pada secarik kertas kemudian dikumpulkan. Kegiatan ini sangat baik untuk kegiatan sosialisasi siswi-siswi.

Kebersihan
Kegiatan ini sama halnya dengan BK yang dilaksanakan di masing-masing kelas. Seluruh siswa wajib membersihkan kelas. Baik menyapu, memberihkan papan tulis, dan lain-lain. Kemudian pada saatnya, pembina akanmemeriksa seluruh kelas-kelas yang mendapat giliran kebersihan. Apabila ada yang kurang bersih, maka pembina akan marah dan menyuruh seluruh siswa membersihkan kelas lagi. Kegiatan ini sangat baik membuat anak-anak menjaga kebersihan dan sadar akan itu.




Nah, setelah mengulas satu-satu mengenai pengembangan diri. kita mengetahui bahwa tujuan dari pengembangan diri untuk mengaktifkan dan menaikkan kedisiplinan bagi siswi-siswi SMP NEGERI 3 SDA.


Category:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar